Rekomendasi UI Library untuk VueJs


UI Library yang biasa di gunakan oleh beberapa programmer. atau biasa nya orang menyebutnya framework css. Nah pada artikel kali ini saya ingin sharing tentang UI Library. Biasanya seorang developer untuk membuat kerangka kerja awal pastinya menyiapkan layout.

Nah kasus yang saya alami iyalah saya harus setting ulang margin/ padding. membuat flexbox dan grid yang sesuai, kemudian setelah menyetel semuanya. ada bug di perangkat yang berbeda contoh di handphone, perangkat mobile lainnya.

Maka dari itu saya butuh standarisasi untuk css pada website yang akan saya buat. maka itu saya melakukan research pada UI Library. Berikut dibawah ini rekomendasi UI Library.

1. Vuetify

UI Library ini benar-benar di khususkan untuk vuejs. Yang baru mencoba vuejs saya sarankan untuk mencoba ini. Karena memiliki banyak komponen dan banyak komponen yang sudah didesign keren dan modern. dan kelebihan tersendiri iyalah vuetify menyediakan komponen khusus mobile atau komponen untuk handphone. Vuetify juga mensupport programmatic vuejs, Jadi kita bisa mengolah Library ini dengan interaktif.

2. Element UI

Element UI atau biasa disebut Eleme yaitu UI Library yang menurut saya cara penggunaan yang mudah. Saat saya menginstall Eleme UI ini tidak ada masalah tentang import di main.js. Penjelasan di dokumentasi nya juga tidak terlalu terbelit-belit.

3. BootstrapVue

Framework css yang sudah banyak digunakan oleh komunitas programmer juga menyediakan UI library untuk vuejs. Bootstrap pada umumnya hanya menambahkan class untuk menggunakan komponennya . tetapi BootstrapVue ini harus menggunakan tag tersendiri <b-input> pada dasarnya iyalah <input>. Jadi mungkin agak sulit jika kita mencoba example template orang lain yang menggunakan bootstrap murni. Tapi rekomended ini karena sudah lepas dari Jquery.

Itu saja UI Library yang pernah saya coba. kalian bisa mencoba rekomendasi yang lain. berikut dibawah ini List nya.



Sedikit Tips ya walaupun vuejs bisa menginstall banyak library melalui npm. saya sarankan untuk TIDAK menginstall banyak library karena akan membuat size project vuejs menjadi besar atau bisa saja website yang di buat akan lambat saat reload atau refresh karena merequest banyak library yang tidak terpakai.

Oke itu saja yang bisa saya sampaikan sekian dan terima kasih



Kategori :
Facebook twitter Google

Related Post

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar

  1. Sangat bagus untuk yg ingin belajar UI / UX. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete