Pemahaman Sederhana Variable Javascript



Hay apa kabar semuanya, seolah-olah kaya ada yang baca aja hahaha. Oke walau gak ada yang lihat postingan ini. SSaya akan tetap sharing tentang pemahaman variable javascript. Karena ini sebuah pemahaman sederhana saya harap yang membaca sudah terbiasa menggunakan variable atau tidak terlalu awam dengan dunia pemerograman. Oke sebelumnya saya jelaskan dulu variable pada umumnya.

Variable ialah sebuah wadah yang dapat digunakan untuk mendefinisikan sebuah nilai, Biasanya setelah di definisikan kita bisa mengubah , menghapus dan menambahkan nilai tambahan pada variable tersebut. Ini penjelasan menurut saya sendiri sebenarnya variable memiliki arti yang lebih luas.. Karena kita akan mempelajari variable Javascript jadi saya hanya menjelaskan yang saya ketahui..


1. Var

Var ini sangat sering digunakan pada javascript murni. Karena penggunaan nya yang mudah dan tidak ada batasan untuk penggunaan nya. berikut ini contoh penggunaan variable pada umumnya:


nah contoh diatas mengubah nilai variable yang sebelumnya "Hallo dunia" menjadi "Hello world" pada function test().

Variable var juga tidak memiliki batasan(scope) ketika kita mendeklarasikan var didalam function, kita bisa mengubah dan menampilkan variable tersebut diluar function serta di function lainnya contoh seperti ini:


Variable hey yang dideklarasikan di function hay() bisa diubah difunction lain dan ditampilkan di luar function hay(). Jadi variabel var bersifat global. Kita harus memberikan nama variable yang unik agar tidak sama supaya tidak terjadi error.

2. Let

Let juga variable yang hampir sama dengan Var. Perbedaan nya iyalah ada nya batasan atau biasa disebut scope. Ketika kita mendeklarasikan variable didalam function, maka variable tersebut memiliki scope tersendiri, kamu tidak dapat mengakses dan mengubah nilai melalui function lain atau dari global(halaman luar function). berikut ini contoh sample variable let:

Walau banyak batasan dalam penggunaan nya tetapi banyak framework atau developer javascript merekomendasikan let sebagai variable. Kalau menurut saya sih untuk tindakan keamanan atau membuat code terlihat lebih teratur. Karena let mempunyai keunggulan scope, jadi kita bisa menggunakan nama variable yang sama di function yang berbeda dibandingkan menggunakan Var.

3. Const

variable ini mengingatkan kita untuk membayar utang secara konstan(bayar pas dan tepat waktu), ternyata berbeda dengan kisah tersebut hehehe. Const adalah variable yang memiliki nilai konstanta atau nilai tetap dan tidak dapat diubah nilaiinya. Konsep variable const sama seperti Let yang di batasi oleh scope jika dimasukan kedalam function. variable ini biasa digunakan untuk konfigurasi atau sebuah nilai yang sensitif dan tidak dapat diubah. Berikut ini sampel contoh const:



variable yang dideklarasikan secara global tetap tidak dapat diubah nilainya. karena memiliki nilai konstanta. Ada cara tersendiri agar variable ini bisa mendominasi nilainya yaitu dengan menggunakan object, berikut ini sample const menggunakan nilai object:


Okay cukup segitu saja materi yang bisa saya sampaikan, Rekomendasi variable dari saya mending menggunakan Let atau Const daripada menggunakan Var. Tetapi tidak ada salahnya menggunakan Var jika mendapatkan kasus variable let / const tidak bisa diakses antar file javascript(hanya opiniku). CMIIW dan jika ada pertanyaan silahkan bisa ketik dikolom komentar sekian terima kasih.

Happy Codingg


Kategori :
Facebook twitter Google

Related Post

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar