Mengenal Penamaan Case Pada Bahasa Pemrograman


Halo apa kabar teman-temanku.. Pada kesempatan kali ini saya ingin menulis artikel yang sangat berfaedah dan kalian harus membacanya di wajibkan. saya akan sharing tentang penamaan case yang akan diterapkan di bahasa pemerograman seperti javascript, java, php dan kawan kawannya. Apa saja penamaan case tersebut ? yaitu pascalcase, camelcase, snakecase, kebabcase.

Apa sih kegunaan penamaan case di bahasa pemerograman?, kita bisa menggunakan penamaan ini untuk membuat nama variabel, nama function, nama class, nama package hingga penamaan yang ada di database.

1. Pascal Case
Penamaan pascal case ini adalah penamaan yang di mulai huruf kapital perkata nya. contoh: misalkan saya ingin membuat variabel pada code saya dengan nama hallo kamu, kan tidak mungkin menggunakan SPASI untuk membuat variabel. jadi dibuat seperti ini (hallo kamu = HalloKamu).

2. Camel Case
Penamaan ini di inspirasikan seperti unta, karena salah satu punuk unta yang lebih tinggi dari punuk yang satunya. jadi penulisan variabel nya seperti ini(hey kamu = heyKamu). Jadi setelah kata pertama akan menggunakan huruf kapital diawalnya.. semua kata diawal akan menggunakan kapital kecuali kata pertama jika memilki lebih dari 2 kata seperti ini(hey kamu iya kamu = heyKamuIyaKamu).

3. Kebab Case
namanya sih bikin ngiler yaitu kebab. Kebab case ini sama sekali tidak ada mirip miripnya sama bentuk kebab. contoh seperti ini(kue ku = kue-ku), setiap setelah penulisan kata diikutin dengan (-) strip / minus.

4. Snake Case
penamaan case ini hampir mirip dengan kebabcase bedanya menggunakan underscore (_) sebagai pemisah katanya. contohnya (ular saya = ular_saya). case ini diberikan nama Snake Case karena bentuknya yang menyerupai ular.

Contoh-Contoh Penggunaan Penamaan Case pada Bahasa Pemerograman

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan masing-masing case berikut ini penerapannya

  • Pascal Case biasa digunakan untuk membuat class pada java. 
  • Pascal Case biasa digunakan untuk penamaan variable, deklarasi import, define state, pada javascript framework(VueJs)
  • Camel Case biasa digunakan untuk membuat variable dan function pada java
  • Camel Case biasa digunakan membuat POJO, Setter dan Getter pada java
  • Kebab Case saya belum pernah coba. saya rasa ada yang menggunakan ini di python(Opini)
  • Snake Case biasa digunakan pada penamaan table database, column database. 
  • Semua Penamaan Dapat digunakan di semua bahasa pemerograman atau kmu bisa cari tau standarisasi penamaan pada bahasa pemerograman tersebut.

Itu saja penjelasan mengenai penamaan case, Jika ada kesalahan dari penjelasan saya atau ingin sekedar bertanya silahkan berkomentar. oke itu saja dari saya terima kasih..
Kategori :
Facebook twitter Google

Related Post

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar

  1. Kebab case setauku nggak bisa di bahasa pemrograman

    ReplyDelete
  2. ada gan sebenarnya. css penamaan kelasnya pake kebab case

    ReplyDelete