Cara mengubah onmouse ke ontouch javascript



Assalamu'alaikum semuanya pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bahasa pemerograman javascript. sesuai judul banyak sekali permasalahan yang sering dialamin programmer tentang perbedaan mouse dan touchscreen.

Javascript change onmouse to ontouch, cari keyword seperti ini malah nemu forum dan permasalahan nya gak langsung kelar gitu aja. butuh tambahan optimasi biar lebih support semua perangkat.

Pertama-tama kita lihat dulu contoh simple nya bisa kalian lihat di w3school, berikut contohnya:


Nah ini baru contoh dari onmouse. bagaimana sih biar bisa menggunakan ontouch juga sekaligus . kita perlu cari dulu deteksi perangkat android nya .. kebetulan saya dapet referensi dari web luar negeri deteksi android via javascript bisa cek disini.

Setelah itu kita sederhanakan dulu script diatas dengan addeventlistener. berikut ini contohnya:


Kemudian menggabungkan kedua nya dengan deteksi device javascript , lalu di pisah menggunakan if statement untuk membedakan fungsi berbeda perangkat.



Diatas contoh mengubah onmouseup dan onmousedown . bagaimana dengan onmousemove, kebetulan caranya juga sama kok. Bedanya onmousemove untuk menentukan kordinat atau range pada inputan . Langsung saja saya share scriptnya, karena sama saja dengan tutorial diatas.


Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan sekian dari saya terima kasih.
Kategori :
Facebook twitter Google

Related Post

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar