Cara Debug atau Cek log pada Php



Hmmm Jarang sekali saya menemukan artikel tentang cara debug atau cek log pada php, Nah mungkin ada beberapa orang yang ingin membongkar script orang lain dan ingin mengedit atau merecode script tersebut hingga menambahkan beberapa fitur tambahan.

Tapi apa daya hanya bisa mengerti dasar-dasarnya saja, perlu pengetahuan tambahan agar mengerti alurnya. Nah maka dari itu menggunakan teknik debug log ini dapat sangat membantu di kalangan programmer. "Mengapa harus Debug log ?", Debug log digunakan untuk mencari nilai dari berbagai jenis variable (misalnya variable array atau variable object).

1. Echo

Perintah echo sudah sangat populer, sudah tidak asing lagi di telinga kita. karena banyak yang menggunakan perintah ini untuk memprint variable. berikut contohnya:

$maika = "hehehehe";
echo $maika;
// hehehehe

2. Print

Print yang saya maksud bukan print(), saya menggunakan print_r() untuk melakukan debug log karena print_r() menampilkan data format yang mudah untuk dibaca atau mengubah format menjadi String. berikut contohnya:

$karakter = array("Maika", "Kaho", "Mafuyu", "Miu");
print_r($karakter);
// Array ( [0] => maika [1] => Kaho [2] => Mafuyu [3] => Miu )

3. Var_dump

Masih memiliki kemiripan dengan print, menampilkan debug log dengan format yang mudah di baca. tetapi var_dump ini memiliki kelebihan dapat menampilkan data log yang lebih detail. berikut ini contohnya:

$angka = 43;
$huruf = "hehehe";
$pilih = true;
var_dump($);
var_dump($angka);
var_dump($angka);
// bool(true) string(6) "hehehe" int(43)

Masing masing perintah memiliki kekurangan dan kelebihannya, berikut ini kelebihan dan kekurangannya.

- echo dapat menampilkan semua variable, sedangkan print hanya menampilkan 1 nilai karena hanya boleh memasukan 1 paramater. 

- print dapat menampilkan data type array / object. sedangkan echo hanya menampilkan string atau hanya sebuah nilai/data biasa.

- var dump bisa menampilkan data type dan nilai secara detail tapi sayangnya tidak seperti print, print menampilkan nama variable diikuti dengan nilai nya..

4. error_log

Error log cara jitu untuk mendapatkan sebuah nilai atau mengecek sebuah log-log yang kamu tidak ketahui lokasi tampilnya dimana. ini sangat berguna untuk mengedit sebuah CMS atau plugin. karena tidak semua program 1 file untuk 1 lokasi. cara menggunakan sangat mudah sama seperti sebelumnya. berikut contohnya:

$temen = "rahma";
$gebetan = "dewi";
$aku = $temen . ' ' . $gebetan;

error_log($aku);
// rahma dewi


error_log tidak menampilkan langsung melalui halaman web melainkan menampilkan output berupa file berdasarkan aplikasi web server yang kamu gunakan .kebetulan saya menggunakan xampp jadi mudah untuk menemukan file logsnya . caranya mudah dengan membuka aplikasi xampp. Cari menu apache kemudian klik tombol logs dan pilih error.log


nanti muncul logs yang dibuka oleh notepad, tetapi dari situ masih belum lifetime harus bolak balik buka xampp . "Bagaimana cara mengecek log secara lifetime ? " cara nya sangat mudah kawan.

- Download Git Bash untuk pengguna windows 7 . bisa menggunakan powershell atau terminal pokoknya punya fitur bash .

- kemudian ketik perintah di bawah ini

cd /c/xampp/apache/logs

tail -f error.log

tulisan yang berwarna biru bisa disesuaikan dengan lokasi letak file error.log

- Untuk menghapus atau membersihkan isi logs datanya dengan mengetikan perintah dibawah ini

truncate -s 0 error.log

- Selesai

Lengkap sudah tutorial yang sudah saya sampaikan semoga bisa di simak dan dipahami dengan jelas. sekian dari saya terima kasih


Kategori :
Facebook twitter Google

Related Post

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar