Berinovasi Membangun Negeri Mulai Dari Daerah

Berinovasi Membangun Negeri Mulai Dari Daerah


Babek Info - Membangun negeri mulai dari daerah dengan melakukan inovasi pembaruan terhadap infrastruktur yang masih dibilang kurang lengkap. Kebetulan saya tinggal di daerah Jabodetabek masih dekat dengan daerah perkotaan jadi fasilitas masih lengkap. Tapi bagaimana dengan daerah plosok atau daerah yang jauh dari perkotaan pastinya sulit mendapatkan pengelolaan dari pemerintahan pusat. Tidak perlu khawatir karena ada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK).

Apa itu DJPK ?

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan adalah  unit eselon I di Kementerian Keuangan yang bertugas menyusun kebijakan, melakukan bimbingan teknis, dan melaksanakan monitoring dan evaluasi di bidang pengelolaan transfer ke daerah, dana desa, serta pajak daerah dan retribusi daerah.

DJPK ini menangani keuangan negara dan daerah yang di peroleh dari pajak. Melalui pemanfaatan APBD untuk pembangunan infrastruktur di semua daerah. Nantinya akan di kelola untuk infrastruktur daerah yang rusak seperti Jalanan yang berlubang, Jembatan yang rusak, dan prasarana -prasarana publik lainnya. Lebih jelasnya dana APBD ini akan di salurkan untuk pembangunan, perbaikan, dan pemeliharaan fasilitas publik. Itu semua sangat dibutuhkan terutama daerah-daerah yang kondisinya minim hingga yang sangat memprihatinkan sekali.

Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu APBD, APBD kepanjangan dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah merupakan rencana keuangan tahunan pemerintah daerah di Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Sebagai warga indonesia yang taat membayar pajak perlu mengetahui sumber anggaran yang didapatkan dari APBD.

Sumber Anggaran APBD

1. Retribusi
Biasanya dianggap penerimaan Tambahan. Saya pernah mendapatkan anggaran tersebut saat menerima barang dari luar negeri, saya dikenakan PPN ( Pajak Pertambahan Nilai ). mungkin dapat membantu penyedia layanan publik.

2. Pajak Bumi dan Bangunan
Menangani pajak property seperti pembangunan sekolah dan rumah sakit yang bersifat jasa. yang berhubungan dengan hak milik.

3. Pajak Cukai
Anggaran ini dapat dari pengguna kendaraan diperuntukan untuk perbaikan jalanan yang rusak dan pembangunan jalan yang baru, jalan tol pun di kenakan biaya pajak cukai. dan bahan bakar kendaraan juga termasuk pajak cukai.

4. Pajak Penghasilan
Pajak Penghasilan atau Pajak Pendapatan Daerah biasanya diwajibkan untuk yang sudah dewasa dan memiliki pekerjaan atau wirausaha. Saya pernah melihat pendaftaran rekening tabungan yang menjadi persyaratannya harus memiliki kartu NPWP yang diberikan DPJK untuk pajak penghasilan yaitu PPh.

Saya berharap kedepannya pemanfaatan dana APBD dapat terlaksanakan secara menyeluruh di semua provinsi di indonesia, saya rasa warga daerah minim(kekurangan) harus juga merasakan fasilitas yang lengkap seiring dengan perkembangan teknologi seharusnya daerah dapat berkembang secara cepat. Saya menyarankan untuk penggunaan dana APBD lebih mengutamakan pendidikan dan kesehatan karena itulah yang dibutuhkan masyarakat.

Sebenarnya pajak ini dialokasikan untuk membantu infrastruktur di daerah tersebut diantaranya menyediakan beberapa unit ambulan, membangun dan memperbaiki jaringan fiber optik untuk berkomunikasi secara digital, Vaksin Imunisasi MR untuk balita sampai dengan remaja dini dan masih banyak lagi fasilitas yang di berikan APBD yang dilaksanakan oleh DJPK.

Alhamdulillah saya sendiri juga mendapatkan beberapa bantuan dari dana APBD di daerah saya. Pertama saya mengikuti pelatihan kerja yang dilaksanakan oleh kemnaker dan tidak ada biaya sepeserpun untuk mengikuti kegiatan tersebut, karena biaya sudah di tanggung APBD dan APBN. kedua saya merasakan perbedaan dalam berkendara karena dulu jalanan yang sering saya lewati selalu banjir sekarang sudah di perbaiki dan sekitar jalanan, haltenya yang dulu berkarat sekarang sudah di ganti dengan yang baru. ketiga saya mendapatkan akses hotspot (wifi) gratis yang disediakan pada area publik seperti stasiun atau di lingkungan pemerintah.

Semoga semakin lancar pembangunan dan perbaikan yang dilaksanakan oleh DJPK dalam pemanfaatan APBD untuk seluruh provinsi di indonesia. Kita sebagai warga indonesia yang taat aturan negara mari kita membayar pajak untuk membangun negeri mulailah dulu dari daerah. Jika semua daerah sudah terpenuhi fasilitas dan infrastrukturnya maka memajukan negara akan lebih cepat terlaksanakan.






Kategori :
Facebook twitter Google

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar